Install Linux Mint


Tugas Praktikum Sistem Operasi Installasi Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
Berikut ini langkah-langkah dalam menginstallasi linux mint versi 17.2
1.      Siapkan media installasi yang sudah kita buat baik berupa flashdisk yang sudah berisikan Installer Linux mint. Untuk penggunaan dualboot harus dibagi terlebih dahulu partisi harddisk nya untuk linux. Disini saya memakai 50GB untuk linux mint

2. Masuk ke menu bios biasanya menekan tombol F2 atau del atau perintah yang ada pada laptop   untuk masuk ke menu bios. Pada menu BIOS pilih Boot device USB HDD/USB Drive. x3. Setelah berhasil masuk kedalam media installasi layar akan menampilkan tampilan seperti ini dalam contoh menggunakan Linux Mint
- Pilih Start Linux Mint


- Kemudian akan masuk ke Desktop Linux Mint(namun belum tersinstall), Klik Icon Disc bertuliskan “Install Linux Mint”

- Kemudian pilih Bahasa yang digunakan untuk instalasi, disini saya menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian klik Continue.

Akan muncul kelengkapan keperluan installasi Linux Mint seperti, Harddisk minimal 9GB keatas, terhubung ke arus listrik, dan opsional terhubung ke internet. Setelah mendapati tampilan tersebut kembali klik Continue.

Jika laptop/PC anda masih baru dan belum ada data, bisa gunakan otomatis dengan pilihan pertama “Erase disk and install Linux Mint” atau jika sobat ingin DUAL BOOT dengan Windows atau ingin kostumisasi kapasitas harddisk yang dibutuhkan maka admin sarankan pilih”Something else” kemudian klik lagi Continue.

Pilih partisi kosong yang akan kita install Linux, disini di asumsikan sudah menyediakan kapasitas kosong untuk keperluan install Linux Mint. Kemudian pilih simbol plus “+” untuk mengolah menjadi beberapa partisi.

Tambahkan 2Gb sebagai SWAP karena sangat direkomendasikan langsung dari Linux untuk membantu kebutuhan RAM. Konfigurasinya harap mengikuti contoh dibawah ini kemudian klik OK.

Setelah berhasil membuat partisi untuk RAM. Silakan kembali untuk membuat partisi System Linux atau pada Windows kita mengenalnya dengan partisi Local Disk C. Konfigurasinya ikuti contoh seperti ini :

Pada type for the new partition pilih Primary, Location pilih Begining of the space, Use as: Ext4 journaling file system dan terakhir Mount Point isikan slash “/” yang berarti sebagai direktori sistem milih Linux atau folder “root” istilahnya.

Setelah selesai membuat partisi sistem, Sobat bisa langsung klik Install Now!!

Muncul konfirmasi settingan bisa langsung klik Continue lagi.

Pilih wilayah untuk mengatur waktu berdasarkan GMT, disini saya memilih GMT+7 daerah Jakarta karena untuk menyesuaikan waktu dengan waktu yang sedang kita jalankan.

Pilih struktur keyboard, langsung saja continue karena umumnya menggunakan tipe English (US) atau jika berbeda silakan atur dengan layout keyboard laptop/PC yang anda punya.

Bagian terakhir ini isi dengan nama lengkap, nama laptop/PC yang anda pakai. Wajib isi username dan password anda karena setiap kita akan menginstall aplikasi maka anda akan ditanyakan password root nya karena itu bentuk kemanan yang Linux tawarkan. Jika sudah bisa langsung klik Continue. Untuk dibawah ini hanyalah Contoh sesudahnya saya ganti Nama, User, dan Password saya.

Tunggu proses installasi selesai sampai muncul konfirmasi melakukan restart atau lanjutkan untuk menggunakan linux dengan model live CD.


Proses installasi selesai. Anda bisa langsung mencoba dengan merestart atau ingin melihat-lihat dulu pilih Continue, dan untuk driver nya linux mint ini harus terhubung koneksi untuk update drivernya.


Sumber referensi :
-         - https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint

Komentar

Postingan Populer